• Kategori

  • Arsip

Komputer

Menulis Arab di Komputer

Posted on Agustus 31, 2010 by abuahdaris | Sunting

Garis besarnya terdapat 2 metode untuk menulis arab di komputer, yaitu:

  1. Memanfaatkan fitur arabic enable dari sistem operasi yang digunakan
  2. Menggunakan software atau program aplikasi tambahan, misalnya seperti (pada sistem operasi windows) nonokhot, minipad, multikey, dsb.

Dalam tulisan ini akan diuraikan kedua cara tersebut di atas. Namun agar tulisan ini dapat cepat bermanfaat, akan diuraikan yang mudah dulu, yaitu cara ke-2, khususnya menggunakan software multikey.

Multikey memberikan cara menulis arab yang sangat mudah dan praktis di komputer dengan sistem operasi windows. Saya sudah mencoba mulai dari windows98 – windowsXP dan semua berjalan lancar.

Dengan template Mltkey97.dot nya, dalam MS.Word 97 akan muncul ikon tambahan untuk menjalankan/mengaktifkan dan menon-aktifkan multikey dari MS.Word, saya sudah mencoba untuk MS.Word2000 sampai MS.Word2003.

Selain terintegrasi dengan baik bersama aplikasi office MS.Word, Multikey juga dapat digunakan untuk menulis arab di aplikasi lain. Saya sudah coba di MS.Paint, MS.PowerPoint, dll.

Singkat kata silakan mencoba menulis arab menggunakan multikey. Untuk software dan tutorialnya silakan download di sini. Adapun untuk font-font pendukungnya ikuti link berikut.

Reinstall Grub – Linux Loader

Posted on Juli 15, 2010 by abuahdaris | Sunting

Bagi rekan-rekan yang memasang 2 sistem operasi (Linux dan Windows) di komputernya mungkin pernah mengalami masalah pada grub OS-loadernya. Masalah ini biasa timbul lantaran instalasi ulang sistem operasi windows.

Sebagai contoh, awalnya di PC sudah terinstal 2 sistem operasi, yakni Windows XP Professional Edition (instalasi pertama) dan Linux distro Ubuntu 8.04 Moslem Edition. Karena beberapa masalah di Windows XP yang disebabkan oleh virus atau lainnya, akhirnya pemilik PC memutuskan menginstal ulang Windows-nya. Akibatnya sistem operasi linux tidak akan bisa dijalankan.

Solusi terbaik terkait masalah hilangnya grub linux loader pada MBR harddisk seperti kasus di atas adalah menginstal ulang grub menggunakan Live CD atau Live DVD dari sistem operasi linux yang digunakan. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan PC atau laptop bisa booting lewat CD (lakukan pengaturan BIOS pada bagian “Boot Sequence” untuk masalah ini).
  2. Restart PC dengan CD Linux sudah siap di dalam CD-ROM.
  3. Jalankan Linux Live CD.
  4. Pada desktop linux, buka “terminal” dan mulailah dengan beberapa baris perintah berikut.
  5. Masuk pada grub shell dengan printah: sudo grub
  6. Pada “grub>” prompt, jalankan perintah: find /boot/grub/stage1 – perintah ini akan menghasilkan sebuah lokasi di harddisk tempat file-file grub berada.
  7. Masih pada “grub>” prompt, ketikkan perintah: root (hd?,?) – misal pada pada perintah no. 6 menghasilkan lokasi (hd0,1), maka ketikkan root (hd0,1) – perintah ini mengatakan kepada grub bahwa pada partisi inilah file-filenya harus diletakkan. Perhatikan bahwa hanya sedikit sekali file-file grub yang berada pada MBR, lainnya pada “boot folder”.
  8. Selanjutnya instal grub ke MBR dengan perintah: setup (hd0)
  9. Selanjutnya adalah keluar dari “grub shell”, ketikkan perintah: quit
  10. Terakhir keluar “terminal” dengan perintah: exit dan reboot atau restart PC tanpa Live CD.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Quran in OpenOffice – QiOO

Posted on Mei 27, 2010 by abuahdaris | Sunting

QiOO merupakan sebuah extension atau program kecil (semacam add-in pada Microsoft Office) yang memungkinkan kita menghasilkan suatu dokumen yang berisi ayat-ayat suci alqur-an berikut terjemahan atau alih bahasanya.

Untuk mendownload, silakan ikuti link berikut. Dan ikuti langkah instalasi sebagaimana berikut:

  1. Ekstraklah file yang telah anda download ke sembarang folder,
  2. Jalankan “OpenOffice Writer” anda, bisa yang under Linux maupun Windows (saya sudah mencoba pada OpenOffice yang berjalan di Linux Ubuntu, Sabily, dan di Microsoft Windows XP, silakan coba di MacOS atau lainnya – saya juga sudah coba di OpenOffice yang portable, saya copy di flashdisk).
  3. Klik menu “Tools – Extension Manager …. – Add”
  4. Cari dan klik pada file yang berekstensi “.oxt”
  5. Klik “Open”
  6. Muncul pertanyaan konfirmasi, apakah extension ini diinstall untuk digunakan oleh semua user komputer. Pilih “For all users” jika ya, atau “Only for me” jika hanya untuk anda, dan “Cancel” jika membatalkan instalasi.
  7. Tunggu hingga “progress bar” proses instalasi menunjukkan instalasi selesai, lalu klik “Close”.

Setelah proses instalasi berhasil, akan muncul tambahan menu “AlQuran” di antara menu “Tools” dan “Window”. Jika tidak, silakan restart kembali “OpenOffice Writer” anda dan selamat menggunakan.

Artikel terkait: Quran in Word, Menulis Arab di Komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: